Sunday, July 8, 2012

Penyebab Akun Anda di Hack



Masih kurang yakin dengan keamanan akun layanan online anda? Berikut ini adalah penyebab akun anda rawan untuk dihack.
Setidaknya ada beberapa penyebab suatu akun pada layanan mudah untuk dihack:



  • Menggunakan alamat email palsu

Alamat email yang tidak dapat anda akses/kontrol sangat memudahkan hacker untuk mengambil alih akun anda.



  • Menginstal/menyetujui aplikasi pihak ketiga

Ada beberapa kondisi dan syarat yang harus dibaca ketika anda menginstal/menyetujui untuk memakai aplikasi client dari pihak ketiga. Sayangnya tidak semua orang mau meluangkan waktu untuk membacanya.

  • Login di sembarang tempat

Ada tempat-tempat yang rawan memudahkan orang lain mencuri password anda. Warnet, koneksi Wi-Fi gratisan, area kampus, dan komputer di tempat umum. Pastikan anda melakukan sign out setelah selesai memakai suatu layanan online.

  • Memberitahukan password

Biasakan untuk tidak memberikan password dengan mudah kepada aplikasi/pihak ketiga selain anda dan layanan online anda. Ini biasanya secara tidak sadar anda lakukan ketika mereka menawarkan untuk mengundang teman-teman anda untuk ikut bergabung. Anda diminta alamat email beserta passwordnya.

  • Menggunakan password yang sama

Ini adalah kebiasaan buruk yang cukup jamak dilakukan. Jika anda menggunakan password yang sama untuk email, twitter, facebook, dll, maka jika satu akun sudah terhack, dengan mudah akun lainnya dihack.

  • Mengklik link aneh yang dikirimkan teman

Tiba-tiba inbox email atau DM twitter anda dikirimi pesan aneh dari teman, dalam bahasa inggris, yang intinya anda diminta mengunjungi/klik suatu alamat. Bahasanya bisa bermacam-macam, yang dapat menggoda anda untuk mengklik isinya. Entah bahasa porno, gossip tentang anda, dsb. Setelah anda klik, biasanya anda dibawa ke suatu halaman login dan secara tidak sadar anda telah memberikan password ke mereka dengan ikhlas.


Bersambung …
sumber

No comments:

Post a Comment