Thursday, April 18, 2013

Jadian Baik-Baik, Putus Baik-Baik

Jadian Baik-Baik, Putus Baik-Baik
Siapa yang tidak senang jika dirinya baru saja dilanda bui-bui asmara? Segala sesuatu tampaknya begitu indah. Anda menghabiskan waktu Anda bersama dengannya, dan Anda sangat bahagia. Namun apa mau dikata, segala sesuatu terkadang tidak berjalan seperti apa yang kita inginkan. Hubungan Anda dan dia kandas di tengah jalan. Anda dan dia harus putus, lalu apa yang harus Anda lakukan?

1.       Siapa yang terlebih dahulu meminta putus?
Jawabannya bisa dia atau bisa juga Anda. Jika dia yang terlebih dahulu meminta putus, tanyakan dia apa masalahnya. Jika Anda juga merasa bahwa hubungan Anda dan dia tidak bisa dipertahankan, bicarakan baik-baik dan jangan bermusuhan.

2.       Tatap muka.
Ada beberapa orang yang meminta putus melalui pesan singkat di SMS atau sekedar telepon. ADErs, itu bukan cara yang efektif, malah terkesan kekanak-kanakan. Jika Anda merasa bahwa Anda sudah tidak lagi cocok dengannya, Anda perlu mengajaknya untuk ketemuan dan bertatap muka. Bicarakan masalah Anda baik-baik, dan tentu, diperlukan kedewasaan untuk hal ini.

3.       Jangan buru-buru meminta putus.
Jika ada hal yang mengganjal di dalam hati Anda, bicarakan dan diskusikan bersama dengan pasangan Anda. Dugaan Anda mungkin salah. Anda tidak seharusnya mengambil keputusan secara sepihak. Diskusikan hal ini bersama dengan pasangan Anda. Namun jika pasangan Anda juga merasakan hal yang sama dan Anda berdua tidak bisa menemukan solusi yang tepat, mungkin putus adalah pilihan yang terbaik.

4.       Bersikap Dewasa.
Selama Anda masih berpacaran, Anda tidak perlu khawatir untuk putus dari pasangan Anda. Anda masih punya kesempatan untuk bertemu dengan orang baru yang lebih baik. Bersyukurlah, sebab mantan yang Dewasa memberikan Anda pengalaman, dan mantan yang kekanakan memang sudah sepantasnya tidak menjadi pasangan Anda.

5.       Jangan Bermusuhan.
Jika Anda dan pasangan memutuskan untuk mengakhiri hubungan, bukan berarti Anda dan dia harus bermusuhan dan bertengkar hebat saat Anda putus. Itu hanya akan membuat keadaan menjadi semakin buruk. Ini bukan berarti Anda harus berteman dan tetap berhubungan dengannya. Ini berarti bahwa Anda tidak benci padanya dan sadar betul bahwa semua yang Anda lalui bersama dengannya membuat Anda semakin Dewasa dan lebih siap menghadapi hal-hal baru dalam hidup.

Mereka yang Dewasa akan mengakhiri hubungan mereka dengan cara yang baik. Anda berhak untuk mendapatkan seseorang yang lebih tepat untuk Anda!

sumber
»»  readmore...

Rambut Lebih Penting Bagi Pemain Juventus


Martin Caceres (REUTERS/Stefano Rellandini)
VIVAbola - Bek Juventus, Martin Caceres, belum lama ini mengalami kecelakaan lalu lintas. Mobil yang dikendarainya bertabrakan dengan mobil lain di jalan kota Turin.

Akibat kejadian itu Caceres mengalami luka cukup serius di kepala. Tetapi bukan mempedulikan lukanya, saat mendapat perawatan di rumah sakit, pemain asal Uruguay tersebut malah lebih memperhatikan rambutnya.

Caceres yang berambut gondrong mengaku memarahi seorang perawat di rumah sakit itu karena berusaha memotong 'mahkotanya' itu. "Saya punya masalah dengan suster di sana. Dia ingin membersihkan luka dengan memotong rambut saya," kata Caceres.

"Saya lalu bilang mereka tidak boleh melakukan itu. Bagi seseorang yang memelihara rambut panjang, itu sangat dilarang," sambungnya dikutip Football Italia, Kamis, 18 April 2013.

Dia lalu menjelaskan soal kondisi pasca kecelakaan tersebut. "Selain luka di kepala, tidak ada yang serius. Hanya beberapa memar saja," ungkap mantan pemain Sevilla tersebut.

Caceres sejauh ini sudah 14 kali turun membela 'Si Nyonya Tua' di kancah Serie A dan membukukan satu gol. Dia terakhir kali tampil ketika Juventus dikalahkan Roma pada Februari lalu. (umi)

sumber
»»  readmore...

Pengguna Handphone paling menjengkelkan

Dengan fitur-fiturnya yang canggih, smartphone tidak hanya menjadi bagian penting dalam hidup penggunanya, tetapi bisa memicu timbulnya kebiasaan buruk yang mengganggu orang di sekitarnya. Apa saja?

http://www.didunia.net/
Pengguna Ponsel Paling Menjengkelkan di Dunia

1. Pecandu Game

Kamu bisa melihat dia selalu asyik dengan smartphone-nya. Saking asyiknya bermain game, dia juga rela me-reject panggilan telepon dan enggan membalas pesan, demi skor yang tinggi. Baginya tidak ada yang lebih penting selain tenggelam di jagad digital game.

2. Supir Seluler

Orang seperti ini tidak hanya membahayakan dirinya sendiri, tetapi juga orang lain baik itu pengguna jalan atau penumpang yang bersamanya.

Ya, fokusnya selalu terbagi antara menyetir mobil dan berbicara sepanjang perjalanan dengan smartphone-nya. Malah tidak jarang ada yang nekat mengetik pesan di dalam mobil yang dilajukan dengan cepat.

3. Tukang Pamer

Setiap orang memang berhak memamerkan perangkat iPhone atau Android yang baru dibelinya, tapi apa jadinya jika orang itu selalu sengaja mengalihkan perhatian orang lain dengan smartphone terbarunya melalui bahasa tubuh yang norak? Mengganggu sekali, bukan?

4. Raja Chatting

Masih ingat dengan julukan 'autis' yang belakangan penggunaannya tidak direkomendasikan karena menyudutkan penderita autisme?

Nah, raja chatting adalah contoh orang yang tidak peduli apa yang terjadi dengan dunia di sekitarnya kecuali dengan deretan teks yang muncul di layar smartphonenya, entah itu lewat BBM, YM, atau WhatsApp.

Berbicara secara face to face dengannya adalah hal yang mengesalkan. Jangan panggil dia 'autis', cukup ingatkan dan singkirkan smartphone itu darinya.

5. 'Figuran' Film

Julukan ini tampaknya cocok disematkan kepada mereka yang sering memberikan 'bonus' suara selain dari aktor yang filmnya sedang ditonton di bioskop.

Padahal, pengumuman sebelum film diputar sudah jelas: matikan ponsel! Tapi sepertinya orang jenis ini tidak terlalu peduli, karena dia tidak ragu menjawab panggilan masuk yang ringtone-nya cetar membahana di dalam bioskop.
»»  readmore...

Mitologi Mesir Kuno Asal Mula Kehidupan

Yak merapat, kita mau bahas Mitologi Mesir Kuno. Agak susah sih sebenernya untuk meringkas mitologi ini, soalnya versinya banyak dan sering kali kontradiksi. Jadi gak seperti mitologi pada umumnya, Mesir punya ini lebih fleksibel dan non-dogmatic, makanya jadi ada banyak penafsiran dan beda-beda. Tapi ini kita coba ambil yang paling umum dan sederhana.

Nun

Awalnya semesta ini hanyalah Nun, yaitu hamparan samudera hitam dan kelam. Suatu hari munculah sebuah bukit dari tengah samudera tersebut yang disebut Ben-Ben. Diatas bukit tersebut, berdirilah dewa pertama, Atum atau di beberapa literatur lain disebut juga sebagai Ra, dewa matahari. Nah si Atum ini kemudian batuk dan memuntahkan Shu, dewa udara dan Tefnut, dewi embun. Shu dan Tefnut kemudian punya anak, yang pertama adalah Geb, dewa bumi dan kemudian ada Nut, dewi langit. Shu kemudian mengangkat Nut (secara harfiah) dan menjadikan dia kanopi (lengkungan) diatas Geb. Kebayang kan ya? Nah jadilah tanah dan langit, bumi seperti yang sekarang ini.  Si Nut sama Geb ini punya 4 orang anak yaitu, Osiris, Isis, Seth dan Nephthys. Mereka inilah 4 dewa keutamaan yang memulai peradaban di Mesir kuno.

Kematian Osiris

Osiris menjadi raja penguasa bumi dengan Isis sebagai ratunya. Mereka memerintah dunia dengan damai dan makmur.  Gak seru dong ya kalau gak ada konflik. Seth yang merupakan oposit dari keteraturan yang diciptakan oleh Osiris, adalah dewa dari segala ketidakteraturan dan kekerasan dan bencana. Seth kemudian iri dengan Osiris yang menjadi dewa nomor satu dan penguasa bumi. Dia pengen juga, setiap hari kemarahan Seth kepada Osiris semakin menumpuk. Hingga suatu hari Seth pun membunuh Osiris, sodaranya itu. Beberapa literatur lain menyebutkan, kemarahan Seth juga dipicu karena Osiris bercinta sama Nephthys yang harusnya adalah milik Seth, karena Osiris sudah mendapatkan Isis. Setelah membunuh Osiris, Seth pun akhirnya naik tahta menjadi penguasa dunia. Karena takut Osiris akan bangkit lagi, Seth memotong-motong tubuh Osiris dan menyebarkannya ke seluruh Mesir. Isis kemudian, dengan bantuan Nephthys berusaha untuk mengumpulkan dan menyatukan lagi tubuh Osiris dan kemudian mengawetkannya agar proses kebangkitan Osiris bisa berjalan. Berdasarkan peristiwa ini, kepercayaan mengawetkan mayat raja (mumi) dimulai. Untuk menyempurnakan proses kebangkitan Osiris kelak, segala hal yang belum tuntas di dunia harus diselesaikan. Karena Osiris dibunuh, maka yang membunuhnya juga harus disingkirkan. Isis kemudian mendidik Horus, anak dari Osiris dan dirinya untuk menyusun pembalasan dendam pada Seth. Horus akhirnya berhasil membunuh Seth dan menjadi raja. Setelah pembalasan dendam berhasil, Osiris bangkit dan menjadi penguasa di Duat atau dunia bawah tanah.
Nah kurang lebih gitu deh asal muasal alam semesta dan kehidupan menurut mitologi Mesir kuno.

Sumber: http://malesbanget.com/2013/03/seri-pengetahuan-umum-mitologi-mesir-kuno-asal-muasal-kehidupan/#ixzz2QpheBAbA
Copyright Malesbanget.com 2011
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial No Derivatives
»»  readmore...

Film Luar Angkasa Paling Populer

Luar angkasa atau angkasa luar atau antariksa (juga disebut sebagai angkasa), merujuk ke bagian yang relatif kosong dari Jagad Raya, di luar atmosfer dari benda “celestial”. Istilah luar angkasa digunakan untuk membedakannya dengan ruang udara dan lokasi “terrestrial”.
Karena atmosfer Bumi tidak memiliki batas yang jelas, namun terdiri dari lapisan yang secara bertahap semakin menipis dengan naiknya ketinggian, tidak ada batasan yang jelas antara atmosfer dan angkasa. Ketinggian 100 kilometer atau 62 mil ditetapkan oleh Federation Aeronautique Internationale merupakan definisi yang paling banyak diterima sebagai batasan antara atmosfer dan angkasa.

Dalam dunia perfilman sendiri ada banyak sekali film film yang mengambil tema ataupun setting luar angkasa dan dari sekian banyaknya film film bertema luar angkasa tersebut, berikut adalah 10 Film Terbaik Bertema Luar Angkasa versi didunia.net. Ce Ki Dot :
 
1. Avatar
http://www.didunia.net/
Film Luar Angkasa Terpopuler di Dunia
Avatar adalah film fiksi ilmiah 3-D yang disutradarai oleh James Cameron. Film ini dirilis pada16 Desember 2009 di seluruh dunia oleh 20th Century Fox. Film ini berkisah mengenai konflik di dunia yang bernama Pandora, di saat manusia dan penduduk asli Pandora terlibat dalam perang. Film ini dirilis dalam format 2D dan 3D, dan juga akan dirilis di teater IMAX 3D. Avatar masuk nominasi Oscar termasuk Best Picture dan Best Director dan menang tiga kategori, Best Visual Effect, Best Cinematography, dan Best Art Director. Avatar menjadikan film paling terlaris sepanjang masa sebesar $2,782,206,970 dolar. Rencananya, Avatar akan dibuat Trilogi-nya setelah filmnya sukses besar.

Sinopsis :
Jake Sully (Sam Worthington), mantan angkatan laut Amerika Serikat yang terluka dan cacatakibat perang. Ia terpilih untuk berpartisipasi dalam program Avatar, yang memungkinkannya bisa berjalan kembali. Jake menuju ke Pandora, sebuah hutan nan subur yang penuh dengan berbagai macam makhluk hidup yang baik dan yang mengerikan. Pandora juga rumah bagisuku Na’vi, makhluk yang mirip manusia dengan kehidupan primitif serta memiliki kemampuan seperti manusia. Saat manusia mencoba memasuki Pandora untuk menambang mineral yang ada di sana, suku Na’vi memerintahkan para prajuritnya untuk melindungi negerinya dari ancaman.

Jake direkrut untuk menjadi bagian dari proyek ini. Karena manusia tidak dapat menghirupudara di negeri Pandora, maka mereka menciptakan makhluk yang mirip suku Na’vi yang mereka sebut sebagai Avatar. Di Pandora, dengan tubuh Avatar, Jake dapat berjalan kembali. Di hutan Pandora, Jake melihat banyak keindahan dan bahaya. Ia juga bertemu dengan wanitamuda Na’vi bernama Neytiri (Zoe Saldaña).

Seiring berjalannya waktu, Jake berbaur dengan suku Na’vi dan jatuh cinta kepada Neytiri. Pada akhirnya, Jake terjepit antara tujuannya dikirim oleh perusahaan tambang ke Pandora dan suku Na’vi, yang memaksanya untuk memihak pada satu pilihan yang akan menentukan nasib suku Na’vi dan manusia di Pandora.


2. Star Wars


Star Wars adalah film fiksi ilmiah Amerika Serikat yang disutradarai oleh George Lucas. Film ini terdiri dari enam film yang urutan perilisan setiap serinya tidak berurutan. Serial film ini bermula pada tahun 1977 dan sementara ini berakhir pada tahun 2005.

Daftar film Star Wars yang termasuk kanon utama :

- Star Wars Episode I: The Phantom Menace (1999)

- Star Wars Episode II: Attack of the Clones (2002)

- Star Wars Episode III: Revenge of the Sith (2005)

- Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)

- Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

- Star Wars Episode VI: Return of the Jedi (1983)

Episode IV sampai VI pertama kali dirilis sekitar akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an. Konon menurut George Lucas hal ini dilaksanakan karena saat itu belum tersedia teknologi untuk menggambarkan kemegahan Republik, sehingga ia memutuskan untuk memulai dari episode IV. Sedangkan episode I sampai III dibuat pada sekitar tahun 2000-an karena teknologinya sudah tersedia.

Tema utama dalam Star Wars adalah sebuah perjuangan semesta yang bersifat abadi antara kebajikan dan kejahatan. Tema ini digambarkan sebagai sebuah keseimbangan antara mereka yang menggunakan kekuatan utama yang disebut “The Force” secara jahat atau baik.


3. Armageddon

http://www.didunia.net/
Armageddon bercerita tentang sebuah asteroid raksasa yang mengancam kehidupan di muka bumi karena diperkirakan meluncur dan akan berbenturan dengan bumi. Kemudian Pemerintah bersama sama dengan para ilmuwan NASA, dan Departemen Pertahanan, menyusun suatu rencana untuk menyelamatkan bumi. Mereka meminta bantuan Harry Stamper (Bruce Willis), ahli pengeboran minyak inti bumi. Harry merasa hal itu tidaklah mungkin dilakukan selama kurun waktu yang hanya dua minggu, dan dasarnya dia tidak begitu percaya dengan kemampuan orang lain. Sehingga Harry Stamper, memilih untuk pergi sendiri ke asteroid beserta kru pengeboran minyak yang ia miliki termasuk A.J.Frost, (Ben Afflect).

Akhirnya Harry Stemper beserta kru nya berangkat menggunakan pesawat luar angkasa menuju ke asteroid untuk melakukan penghancuran asteroid raksasa tersebut.


4. Star Trek

Film yang bertemakan fiksi ilmiah ini bercerita mengenai sebuah armada bintang bernama Starfleet sebagai perwakilan kehidupan manusia 200 tahun pada masa depan bersama-sama dengan United Federation of Planets yakni kumpulan spesies dari planet dan tata surya lain. Star Trek diciptakan oleh Gene Roddenberry dan merupakan salah satu franchise hiburan paling laris di dunia dan memiliki jutaan penggemar yang sering datang ke Star Trek Conventions(pertemuan para penggemar Star Trek).

Film ini juga meraih sukses di box office dan dilanjutkan dengan film-film berikutnya yang sampai sekarang (2009) sudah ada sebelas (termasuk film pertama).


5. Deep Impact

Kisah menegangkan ini dibintangi oleh pemenang Blockbuster Entertainment Awards 1999, kategori aktor dan aktris favorit yaitu Robert Duvall, Morgan Freeman dan Tea Lioni dan artis pendukung favorit Elijah Wood.

Film ini mengisahkan tentang ditemukannya satu komet yang bergerak mengarah ke bumi. NASA berusaha menghancurkan komet tersebut dengan mengirimkan satu tim astronot yang akan meledakkan komet tersebut. Sementara presiden (Morgan Freeman) mengumumkan untuk segera dibuat gua untuk mengamankan seratus juta orang dari kepunahan.

Pada hari dimana komet jatuh ke bumi, suasana berubah menjadi panik dan menegangkan. Semua orang berebut untuk menyelamatkan diri.


6. 2001: A Space Odyssey

Sebuah monolit muncul tiba-tiba di tengah manusia purba. Entah bagaimana, kehadiran monolit itu memberi ide penggunaan alat pertama : tulang yang digunakan sebagai alat pukul. Dengan alat itu, sebuah suku Cro-Magnon menang atas suku lain, menguasai sebuah mata air. Pada 2001, monolit serupa ditemukan di bulan. Monolit itu diperkirakan berusia 4 juta tahun, dan mengirim sinyal kuat ke Jupiter. Beberapa bulan kemudian, sebuah misi rahasia dikirim ke Jupiter. Pesawat dilengkapi komputer tercanggih, sebuah “otak” Kecerdasan Buatan (Artificial Inteligent), bernama HAL 9000. Komputer itu tumbuh seolah memiliki kesadaran tersendiri, dan memberontak, membunuh secara terencana para awak, kecuali seorang: Dave. Setelah Dave berhasil memutus kesadaran HAL, ia menemukan misi rahasia Jupiter itu. Ia terlontar ke sebuah wormhole. Ruang dan waktu pun terlipat bagi Dave.


7. Aliens

http://www.didunia.net/
Setelah rentang waktu sekitar tujuh tahun dari film pertamanya Alien (1979), maka pihak studio Fox pun akhirnya berkesempatan melanjutkan kisah petualangan Ellen Ripley yang bersetting di luar angkasa ini mengingat film pertamanya meraih kesuksesan yang luar biasa. Jika film pertama ditangani oleh Ridley Scott, maka kini tongkat estafet diberikan pada James Cameron, sutradara yang baru saja angkat nama melalui film garapannya yang sukses; The Terminator (1984).

Film yang saat ini masuk dalam urutan ke-58 di IMDB Top 250 ini melanjutkan akhir cerita yang ada di penghujung Alien (1979). Setelah dirinya berhasil meledakkan kapal Nostromo, Ripley (Sigourney Weaver) menjadi satu-satunya awak yang selamat dari peristiwa mengerikan yang menghabisi seluruh awaknya tersebut.


8. Sunshine

Diceritakan tahun 2057, saat bumi kita sudah diselimuti salju, matahari sekarat dan manusia manghadapi kepunahan dan hanya bisa berharap pada delapan orang ilmuan yang diberikan misi membawa sinar matahari kembali ke bumi dengan menggunakan senjata nuklir. Berangkat ke luar angkasa dengan pesawat Icarus II selama bertahun-tahun.

Selama perjalanan menuntaskan misi, banyak halangan dan kejutan yang siap menyambut mereka. Lengkap dari kesalahan teknis, sifat egois, kontak radio dengan Icarus I yang sudah mengudara bertahun-tahun yang lalu sampai yang sudah biasa, matinya personel Icarus II. Tidak ada kemenangan tanpa pengorbanan. Yang kali ini mereka pertaruhkan bukan hanya nyawa mereka sendiri, namun semua manusia dan biosfer yang terdapat di planet bernama bumi.


9. Apollo 13

Apollo 13 adalah film drama Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1995 dan disutradarai Ron Howard. Skenario dibuat oleh William Broyles Jr. dan Al Reinert yang menggambarkan kejadian dramatis Apollo 13 pada tahun 1970 yang diadaptasi dari buku Lost Moon oleh Jim Lovell danJeffrey Kluger. Film ini dibintangi Tom Hanks, Kevin Bacon, Bill Paxton, Gary Sinise, Kathleen Quinlan dan Ed Harris.


10. Wall-E

http://www.didunia.net/
WALL•E adalah sebuah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Tokoh utama dalam film ini adalah sebuah robot yang bernamaWALL•E.

Pada awal abad ke-22, sebuah perusahaan “raksasa” Buy N Large (BnL) menguasai perekonomian di Bumi, termasuk pemerintahan. Akibat dipenuhi sampah yang tidak didaur-ulang, maka Bumi menjadi sangat tercemar oleh sampah-sampah elektronik, sehingga kelangsungan hidup manusia menjadi terancam. Untuk mencegah kepunahan manusia, Shelby Forthright (Fred Willard) selaku CEO Buy N Large, melakukan pengungsian massal dari Bumi selama lima tahun di atas armada kapal luar angkasa eksekutif bernama axiom yang menyediakan setiap keperluan manusia, dan dilengkapi dengan robot-robot yang semuanya berjalan secara otomatis untuk melayani kebutuhan manusia.

Ratusan-ribu unit robot penghancur sampah yang dinamai dengan WALL•E ditinggalkan di Bumi untuk membersihkan Bumi. Robot-robot tersebut diprogram untuk memadatkan dan menumpuk sampah-sampah elektronik yang telah memenuhi seluruh daratan di Bumi, agar memudahkan untuk peleburan. Tumpukan sampah-sampah elektronik telah dipadatkan dan dikumpulkan oleh robot-robot WALL•E, tumpukan sampah tersebut telah setinggi gedung pencakar langit. Namun, proyek ini dibatalkan karena Forthright memperkirakan bahwa pada tahun 2110 Bumi sudah terlalu tercemar dan sudah tidak memungkinkan untuk dihuni oleh manusia. Pada tahun 2815, kira-kira 700 tahun kemudian, hanya satu WALL•E yang masih berfungsi.
 
»»  readmore...

7 Teknologi Termahal Di Dunia

Jagat teknologi seakan tiada henti melahirkan inovasi, hingga menjadi primadona di dunia industri. Kondisi ini pun membuat vendor teknologi semakin kaya raya lantaran brand mereka dianggap memiliki nilai jual sangat tinggi.

Memang, nama-nama beken seperti Apple dan Google, masih menguasai daftar ini. Kekayaan mereka kian melambung lantaran mampu menyihir pasar dengan produk-produknya.

Pun demikian, jangan lupakan pula Samsung yang menjadi macan teknologi Asia. Vendor asal Korea Selatan ini sukses menerobos deretan vendor barat di papan atas daftar brand teknologi paling mahal sejagat.

Berikut daftar lengkapnya seperti dirilis Brand Finance, salah satu konsultan brand valuation dunia dan dilansir Silicon India:

 7. Amazon
 
Ranking 2013: 8
Ranking 2012: 2
Ranking 2012: 10

Brand value 2013: USD 36,78 miliar
Brand value 2012: USD 28,66 miliar
Brand value 2011: USD 17,78 miliar

Amazon merupakan perusahaan e-commerce Amerika Serikat. Mereka juga berstatus sebagai online retailer terbesar di dunia.

Meski awalnya merintis bisnis dengan jualan buku secara online, lambat laun Amazon melakukan diversifikasi bisnis. Seperti turut menjual DVD, download MP3, video game, elektronik, apparel, furniture, makanan, hingga perhiasan.

Perusahaan yang dipimpin oleh Jeff Bezos ini juga punya gadget populer bernama Kindle. Yang awalnya cuma sebatas e-book reader itu kini sudah bertransformasi menjadi tablet PC Kindle Fire.


6. GE

Ranking 2013: 7
Ranking 2012: 7
Ranking 2011: 7

Brand value 2013: USD 37.16 miliar
Brand value 2012: USD 33,21 miliar
Brand value 2011: USD 30,50 miliar

General Electric (GE) sudah lama menyandang sebagai perusahaan konglomerasi Amerika. Dengan slogan 'imagination at work', perusahaan ini beroperasi dalam banyak bidang: energi, infrastruktur teknologi, capital finance, serta consumer, industrial dan penerbangan, serta masih banyak lagi.


5. IBM
http://www.didunia.net/
Ranking 2013: 6
Ranking 2012: 4
Ranking 2011: 4

Brand value 2013: USD 37,72 miliar
Brand value 2012: USD 39,13 miliar
Brand value 2011: USD 36,15 miliar

International Business Machines Corporation (IBM) merupakan perusahaan yang dikenal sudah banyak makan asam garam di jagat TI.

Terutama untuk urusan layanan software, riset dan pengembangan, serta membangun super komputer juga menjadi spesialisasi perusahaan Amerika ini.

IBM dilaporkan memliki 12 laboratorium besar yang seluruh dunia. Dari sinilah inovasi teknologi IBM lahir dan menjadi aset penting perusahaan lewat hak paten yang dikantonginya.

Sejumlah karyawan IBM pun telah merebut penghargaan prestisius, di antaranya adalah 5 Nobel Prizes, 6 Turing Awards, 10 National Medals of Technology, serta 5 National Medals of Science.

Sejumlah inovasi teknologi yang dianggap ada campur tangan IBM adalah automated teller machine (ATM), floppy disk, hard disk drive, magnetic stripe card, Universal Product Code (UPC), financial swap, SABRE airline reservation system, DRAM, dan Watson artificial intelligence.


 4. Microsoft

Ranking 2013: 4
Ranking 2012: 3
Ranking 2011: 2

Brand value 2013: USD 45,53 miliar
Brand value 2012: USD 45,81 miliar
Brand value 2011: USD 42,80 miliar


Pengguna komputer mana yang tak kenal Microsoft? Atau mungkin mereka beneran tak kenal, tetapi telah menggunakan produk ciptaan perusahaan asal Redmond ini, seperti OS Windows, Microsoft Office (Word, Excel, dll) ataupun Internet Explorer.

Ya, Microsoft merupakan salah satu raksasa teknologi dunia. Meski lebih dikenal sebagai pembuat sistem operasi Windows, namun perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini juga cukup berjaya di ranah IT enterprise.

Selain itu, mereka juga sudah lumayan serius untuk terjun dengan membuat gadget sendiri. Salah satu yang tengah didorong sekarang ini adalah tablet Surface untuk menggoyang popularitas iPad dan tablet Android.


3. Google
http://www.didunia.net/
Ranking 2013: 3
Ranking 2012: 2
Ranking 2011: 1

Brand value 2013: USD 52,13 miliar
Brand value 2012: USD 47,46 miliar
Brand value 2011: USD 44,29 miliar


Jika Microsoft dikenal sebagai raksasa software, maka Google adalah raksasanya internet. Mesin pencari menjadi senjata andalan Google saat merintis bisnis internet untuk pertama kali.

Namun kini, Google tak cuma mesin pencari. Sudah banyak layanan internet hebat lain hasil kreasi Google. Seperti Google Maps, Street View, Google+, dan masih banyak lagi.

Google pun telah bertransformasi menjadi mesin iklan luar biasa di internet, sehingga sukses mengatrol kekayaan perusahaan besutan Larry Page dan Sergey Brin itu.

Oh iya, jangan lupakan pula hegemoni Android yang sekarang juga sudah jadi milik Google. Popularitasnya di perangkat mobile sudah tak terbantahkan.

Dan yang kini tengah dinanti adalah, kelahiran si kacamata pintar Google Glass yang masih misterius.


2. Samsung

Ranking 2013: 2
Ranking 2012: 6
Ranking 2011: 18

Brand value 2013: USD 58,77 miliar
Brand value 2012: USD 38,19 miliar
Brand value 2013: USD 21,51 miliar

Samsung sukses mendobrak persaingan jagat teknologi dari raksasa IT asal Amerika dan Jepang. Geliat persaingan sang vendor asal Korea Selatan ini pun sudah terlihat sejak tahun 2011.

Bahkan, kini brand Samsung disebut termahal kedua di dunia teknologi dengan banderol USD 58,77 miliar. Padahal pada tahun 2011, mereka cuma berada di posisi ke-18.

Namun dengan sejumlah terobosan yang diusungnya, Samsung sukses mencuri perhatian. Terutama di bisnis ponsel dengan mengusung brand Galaxy.

Samsung pun sukses menggeser Nokia sebagai raja ponsel dunia setelah menjadi vendor yang membuat perangkat genggam terbesar sejagat.


1. Apple
http://www.didunia.net/
Ranking 2013: 1
Ranking 2012: 1
Ranking 2011: 8

Brand value 2013: USD 87,30 miliar
Brand value 2012: USD 70,60 miliar
Brand value 2011: USD 29,54 miliar

Apple sekali lagi didaulat menjadi perusahaan teknologi yang memiliki brand paling mahal di dunia. Dengan banderol USD 87,3 miliar, pembuat iPhone dan iPad itu sukses mengalahkan raksasa teknologi lainnya.

Kekuatan Apple jelas hadir dari bisnis gadget. Mulai dari lini produk komputer Mac, pemutar musik digital iPod, smartphone iPhone, serta tablet PC iPad menjadi motor pemasukan perusahaan berlogo apel groak tersebut.

Meski berstatus gadget premium, Apple nyatanya mampu menyihir jutaan pelanggan untuk membeli produknya. Kondisi ini pun terus berlanjut saat sang legenda -- Steve Jobs -- berpulang. Sang penerus, CEO Apple Tim Cook, sukses menjawab kepercayaan tersebut dengan menjaga posisi Apple sebagai perusahaan teknologi paling mahal sejagat.
 
 
»»  readmore...

Tugas Gambar Autocad Polban

Download
»»  readmore...

Wednesday, April 17, 2013

contoh makalah bahasa indonesia



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang mana berkat rahmat dan karunia-Nya lah kami dapat menyesaikan penulisan Makalah Laporan Penelitian Sosial “DISIPLIN MAHASISWA KELAS 1MB DAN UPAYA PENINGKATANNYA” yang kami susun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia tentang pembuatan makalah. Tak lupa shalawat dan salam semoga tetap tercurah pada Nabi akhir zaman Muhammad SAW,kepada keluarga, para sahabat dan seluruh umatnya.                                                                                                              
Besar harapan kami dengan terselesaikannya makalah ini dapat menjadi bahan tambahan bagi penilaian dosen mata kuliah Bahasa Indonesia dan mudah-mudahan isi dari makalah dan penelitian kami ini dapat di ambil manfaatnya oleh semua pihak yang membaca makalah ini.
Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan karya ilmiah ini.
Saya sangat menyadari apa yang saya susun ini sangat jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bisa membangun kami dalam upaya memperbaiki karya-karya saya selanjutnya.


Bandung, April 2013



Penyusun










DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR  ..................................................................................................       1
DAFTAR ISI  ..............................................................................................................        2

BAB I PENDAHULUAN  .......................................................................................              ……            3
1.1 Latar belakang  .....................................................................................           3
1.2 Rumusan Masalah  ...............................................................................            3
1.3 Batasan Masalah  .................................................................................           3
1.4 Tujuan Penelitian  ................................................................................            4
1.5 Manfaat Penelitian  ..............................................................................           4
1.6 Sistematika makalah  ............................................................................           4

BAB II TINJAUAN TEORI..........................................................................................           5
2.1 Pengertian Disiplin................................................................................            5
2.2 Disiplin di Kampus.................................................................................            5
2.3 Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Mahasiswa...............................................                 7

BAB III PEMBAHASAN...............................................................                ………………………………           8
3.1 Jenis Penelitian......................................................................................          8
3.2 Tempat dan Waktu Pelaksanaan............................................................          8
3.3 Populasi dan Sampel..............................................................................          8
3.4 Sumber Data..........................................................................................          8
3.5 Metode Pengumpulan Data....................................................................         9
3.6 Analisa Data...........................................................................................          9
3.7 Hasil Penelitian......................................................................................           9
3.8 Pembahasan Hasil Penelitian....................................................................    10

BAB IV PENUTUP.....................................................................................................       11
4.1 Kesimpulan............................................................................................       11
4.2 Saran.....................................................................................................       11

DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ ……………..  12




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Disiplin merupakan sikap taat dan patuh terhadap suatu aturan-aturan (ketentuan) yang sudah diberlakukan. Mentaati ketentuan tesebut bisa dalam bentuk yang konkret maupun abstrak. Disiplin ada bermacam-macam, seperti disiplin terhadap waktu, disiplin terhadap diri sendiri dan lain-lain.
Seorang mahasiswa dalam mengikuti kegiatan belajar di kampus tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di kampusnya, dan setiap mahasiswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang berlaku di kampusnya. Kepatuhan dan ketaatan mahasiswa terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang yang berlaku di sekolahnya itu biasa disebut disiplin mahasiswa. Sedangkan peraturan, tata tertib, dan berbagai ketentuan lainnya yang berupaya mengatur perilaku mahasiswa disebut disiplin sekolah. Disiplin sekolah adalah usaha sekolah untuk memelihara perilaku mahasiswa agar tidak menyimpang dan dapat mendorong mahasiswa untuk berperilaku sesuai dengan norma, peraturan dan tata tertib yang berlaku di kampus.
Yang dimaksud dengan aturan sekolah tersebut, seperti aturan tentang standar berpakaian, ketepatan waktu, perilaku social dan etika belajar/kerja. Pengertian disiplin sekolah kadang kala diterapkan pula untuk memberikan hukuman (sanksi) sebagai konsekuensi dari pelanggaran terhadap aturan, meski kadang kala menjadi kontroversi dalam menerapkan metode pendisiplinannya, sehingga terjebak dalam bentuk kesalahan perlakuan fisik dan kesalahan perlakuan psikologis.

1.2 Rumusan masalah
Adanya tindakan kurang disiplin yang di lakukan mahasiswa di Kampus menimbulkan berbagai pertanyaan, diantaranya:
1. Apa penyebab utama perilaku tidak disiplin mahasiswa.
2. Perilaku mahasiswa apa saja yang dinilai tidak atau kurang disiplin.
3. Faktor penyebab terhambatnya penerapan disiplin di kampus.
4.  Apa saja upaya-upaya yang bisa di lakukan warga kampus dalam
meningkatkan penerapan disiplin di kampus.

1.3 Batasan Masalah
Pada makalah ini saya hanya mengambil kesimpulan dari penelitian yang
diambil dari mahasiswa 1MB di Politeknik Negeri Bandung

1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan penyusunan karya ilmiah ini adalah:
1.       Memenuhi salah satu tugas mata kuliah
2.       Mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin mahasiswa terhadap perkembangan prestasi dan tingkah laku di kampus.
3.       Ikut serta dalam upaya mengembangkan penanaman disiplin pada diri mahasiswa.

1.5 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penyusunan karya ilmiah ini adalah mengetahui seberapa besar penerapan disiplin yang dilaksanakan oleh mahasiswa di Politeknik Negeri Bandung khususnya kelas 1MB. Dan seberapa besar upaya warga kampus, khususnya dosen dalam usaha meningkatkan kedisiplinan mahasiswanya.

1.6 Sistematika Makalah
Adapun system penulisan dan Makalah Laporan Penelitian Sosial ini adalah :
BAB I, berisi tentang pendahuluan membahas tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, alat, data, populasi dan sampel, lokasi dan waktu, metode dan sistematika.
BAB II, Berisi tentang pembahasan pengertian disiplin dan beberapa factor yang
mempengaruhinya.
BAB III, Tentang pembahasan hasil penelitian, gambaran umum responden,
gambaran responden tentang penerapan kedisiplinan di sekolah.
BAB IV, berisi tentang kesimpulan dan saran
















BAB II
TINJAUAN TEORI

2.1 Pengertian Disiplin
Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama,disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib.
Dalam kehidupan sering kita dengar orang mengatakan bahwa si A adalah orang yang memiliki disiplin yang tinggi, sedangkan si Z orang yang kurang disiplin. Sebutan orang yang memiliki disiplin tinggi biasanya tertuju kepada orang yang selalu hadir tepat waktu, taat terhadap aturan, berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku, dan sejenisnya. Sebaliknya, sebutan orang yang kurang disiplin biasanya ditujukan kepada orang yang kurang atau tidak dapat mentaati peraturan dan ketentuan berlaku, baik yang bersumber dari masyarakat (konvensi-informal), pemerintah atau peraturan yang ditetapkan oleh suatu lembaga tertentu (organisasional-formal).

2.2 Disiplin di Kampus
Membicarakan tentang disiplin kampus tidak bisa dilepaskan dengan persoalan perilaku negatif mahasiswa. Perilaku negatif yang terjadi di kalangan mahasiswa pada akhir-akhir ini tampaknya sudah sangat mengkhawatirkan, seperti: kehidupan sex bebas, keterlibatan dalam narkoba, geng motor dan berbagai tindakan yang menjurus ke arah kriminal lainnya, yang tidak hanya dapat merugikan diri sendiri, tetapi juga merugikan masyarakat umum. Di lingkungan internal kampus pun pelanggaran terhadap berbagai aturan dan tata tertib kampus masih sering ditemukan yang merentang dari pelanggaran tingkat ringan sampai dengan pelanggaran tingkat tinggi,seperti : kasus bolos, perkelahian, nyontek, pemalakan, pencurian dan bentuk-bentuk penyimpangan perilaku lainnya.Tentu saja, semua itu membutuhkan upaya pencegahan dan penanggulangganya, dan di sinilah arti penting disiplin sekolah.
Perilaku mahasiswa terbentuk dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain faktor lingkungan, keluarga dan kampus. Tidak dapat dipungkiri bahwa kampus merupakan salah satu faktor dominan dalam membentuk dan mempengaruhi perilaku mahasiswa. Di kampus seorang mahasiswa berinteraksi dengan para dosen yang mendidik dan mengajarnya. Sikap, teladan, perbuatan dan perkataan para dosen yang dilihat dan di dengar serta dianggap baik oleh mahasiswa dapat meresap masuk begitu dalam ke dalam hati sanubarinya dan dampaknya kadang-kadang melebihi pengaruh dari orangtuanya di rumah. Sikap dan perilaku yang ditampilkan dosen tersebut pada dasarnya merupakan bagian dari upaya pendisiplinan mahasiswa di sekolah. Brown dan Brown mengelompokkan beberapa penyebab perilaku mahasiswa yang
tidak disiplin, sebagai berikut :
v  Perilaku tidak disiplin bisa disebabkan oleh dosen
v  Perilaku tidak disiplin bisa disebabkan oleh kampus, kondisi kampus yang kurang menyenangkan, kurang teratur, dan lain-lain dapat menyebabkan perilaku yang kurang atau tidak disiplin.
v  Perilaku tidak disiplin bisa disebabkan oleh mahasiswa, mahasiswa yang berasal dari
keluarga yang broken home.
v  Perilaku tidak disiplin bisa disebabkan oleh kurikulum, kurikulum yang tidak terlalu kaku, tidak atau kurang fleksibel, terlalu dipaksakan dan lain-lain bisa menimbulkan perilaku yang tidak disiplin, dalam proses belajar mengajar pada khususnya dan dalam proses pendidikan pada umumnya.
Sanksi adalah hukuman yang diberikan kepada siswa atau warga sekolah lainnya yang melanggar tata tertib atau kedisiplinan yang telah diatur oleh sekolah, yang secara eksplisit berbentuk larangan-larangan. Hal ini menurut Depdiknas (2001:10), “Sanksi yang diterapkan agar bersifat mendidik, tidak bersifat hukuman fisik, dan tidak menimbulkan trauma psikologis.” Sanksi dapat diberikan secara bertahap dari yang paling ringan sampai yang seberat-beratnya. Sanksi tersebut dapat berupa:
1.       Teguran lisan atau tertulis bagi yang melakukan pelanggaran ringan terhadap
ketentuan sekolah yang ringan.
2.       Hukuman pemberian tugas yang sifatnya mendidik, misalnya membuat
rangkuman buku tertentu, menterjemahkan tulisan berbahasa Inggris dan lain-
lain.
3.       Melaporkan secara tertulis kepada orang tua mahasiswa tentang pelanggaran yang
dilakukan putera-puterinya.
4.       Memanggil yang bersangkutan bersama orang tuanya agar yang bersangkutan
tidak mengulangi lagi pelanggaran yang diperbuatnya.
5.       Melakukan pemberian surat peringatan (SP) kepada mahasiswa apabila yang bersangkutan melakukan pelanggaran peraturan sekolah berkali-kali dan cukup berat.
6.       Mengeluarkan yang bersangkutan dari sekolah, misalnya yang bersangkutan
tersangkut perkara pidana dan perdata yang dibuktikan oleh pengadilan.
2.3 Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Mahasiswa
Reisman dan Payne (E. Mulyasa, 2003) mengemukakan strategi umum merancang disiplin mahasiswa, yaitu :
1)      Konsep diri; untuk menumbuhkan konsep diri mahasiswa sehingga mahasiswa dapat berperilaku   disiplin, dosen disarankan untuk bersikap empatik, menerima, hangat dan terbuka;
2)      Keterampilan berkomunikasi; dosen terampil berkomunikasi yang efektif sehingga mampu menerima perasaan dan mendorong kepatuhan mahasiswa;
3)      Konsekuensi-konsekuensi logis dan alami; dosen disarankan dapat menunjukkan secara tepat perilaku yang salah, sehingga membantu mahasiswa dalam mengatasinya; dan memanfaatkan akibat-akibat logis dan alami dari perilaku yang salah;
4)      Klarifikasi nilai; dosen membantu mahasiswa dalam menjawab pertanyaannya   sendiri tentang nilai-nilai dan membentuk sistem nilainya sendiri;
5)      Analisis transaksional; dosen disarankan dosen belajar sebagai orang dewasa terutama ketika berhadapan dengan mahasiswa yang menghadapi masalah;
6)      Terapi realitas; sekolah harus berupaya mengurangi kegagalan dan meningkatkan   keterlibatan. kampus perlu bersikap positif dan bertanggung jawab; dan
7)      Disiplin yang terintegrasi; metode ini menekankan pengendalian penuh oleh dosen untuk mengembangkan dan mempertahankan peraturan;
8)      Modifikasi perilaku; perilaku salah disebabkan oleh lingkungan. Oleh karena itu, dalam pembelajaran perlu diciptakan lingkungan yang kondusif;
9)      Tantangan bagi disiplin; dosen diharapkan cekatan, sangat terorganisasi, dan dalam pengendalian yang tegas. Pendekatan ini mengasumsikan bahwa peserta didik akan menghadapi berbagai keterbatasan pada hari-hari pertama di kampus, dan dosen perlu membiarkan mereka untuk mengetahui siapa yang berada dalam posisi sebagai pemimpin.










BAB III
PEMBAHASAN

Metode penelitian adalah strategi umum yang dianut pengumpulan data dan analisis yang diperlukan, dengan menjawab persoalan yang dihadapi ini berarti metode penelitian merupakan suatu masalah yang berdasarkan faktor empiris dan objektif untuk diuji secara ilmiah oleh siapapun.
Metode yang digunakan dalam suatu penelitian ditentukan oleh sifat persoalan dan jenis data yang diperlukan. Oleh karena itu, dalam memilih metode penelitian hendaknya harus dapat dan sesuai dengan kebutuhan karena berhasil tidaknya penelitian tergantung pada sesuai tidaknya memilih dan menerapkan metode penelitiannya.

3.1 Jenis Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dapat diartikan sebagai prosedur penulisan yag menghasilkan data data deskriptif kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku orang-orang yang diamati. Sedangkan penulisan karya ilmiah ini bersifat deskriptif, yaitu memberikan gambaran suatu keadaan tertentu secara rinci disertai dengan bukti.

3.2 Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Penelitian ini bertempat di gedung C, ruang 207 Politeknik Negeri Bandung, sedangkan waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 19 Maret 2013.

3.3 Populasi dan Sampel
A. Populasi
Sesuai dengan permasalahan untuk menemukan jawaban dari penelitian ini, maka penelitian ini mengambil populasi dari kelas 1MB.

B. Sampel
Sampel merupakan sebagian atau wakil yang diteliti.Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak 30 mahasiswa dari kelas 1MB.

3.4 Sumber Data
Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu yang diperoleh
dari hasil angket/lembar pengisian soal.

3.5 Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menyusun karya ilmiah ini adalah dengan metode angket. Angket merupakan lembaran yang berisi soal-soal serta bersagkutan dengan masalah yang diteliti, untuk diisi oleh pihak-pihak yang dimaksud oleh peneliti.

3.6 Analisa Data
Analisis data yang di pakai adalah jumlah persentase jawaban siswa dari setiap pertanyaan yang ada pada angket yang dibagikan, dari data tersebut di ambil kesimpulan keadaan disiplin mahasiswa.

3.7 Hasil Penelitian
Dengan metode angket/lembar pengisian soal dari sampel sebanyak 30 mahasiswa kelas 1 MB Politeknik Negeri Bandung, peneliti berhasil mengumpulkan data dibawah ini:
A. Pemahaman siswa tentang disiplin
Ø  Hasil : dari penelitian  40% mahasiswa memahami arti dari disiplin sementara sisanya
kurang memahaminya.

B. Sudahkah mahasiswa menerapkan disiplin dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Hasil : dari hasil penelitian di dapat:
 Sudah menerapkannya 15 %
 Sedikit/ kadang-kadang 50 %
 Belum 3%

C. Pernahkah mahasiswa terlambat masuk ke sekolah
Ø  Hasil : sebagian besar siswa (68%) pernah terlambat datang ke sekolah.

D. Alasan siswa terlambat
Ø  Hasil : hasil jawaban terbanyak adalah factor jarak yang jauh antara rumah dan
kampus,  ketersediaan angkutan umum, macet, dan bangun kesiangan.

E. Pernahkah mahasiswa bolos kuliah
Ø  Hasil : 7% dari mahasiswa menjawab ya, dan sisanya tidak.


F. Alasan jika bolos
Ø  Hasil : Hasil jawaban terbanyak adalah karena tidak enak badan, dan telat bangun karena kecapean.

G. Pernahkah mahasiswa ditegur langsung oleh dosen saat melakukan tindakan yang dinilai
kurang disiplin.
Ø  Hasil : 78% menjawab pernah, sisanya belum pernah.

H. Pernahkah pihak kampus mengingatkan tentang pentingnya pelaksanaan disiplin
Ø  Hasil : 88 % dari siswa menjawab pernah. Berarti pihak kampus selalu mengingatkan mahasiswa tentang pentingnya kedisiplinan.

3.8 Pembahasan Hasil Penelitian
Dari hasil penelitian, kita dapat mengetahui bahwa tingkat kedisiplinan setiap mahasiswa ternyata berbeda-beda, perlu usaha yang lebih serius dari pihak kampus dalam upaya meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap kedisiplinan. Bukan hanya dengan peraturan yang terkesan mengikat mahasiswa, kedisiplinan bisa tumbuh bila mahasiswa sering diberikan penyuluhan dan pengarahan ± pengarahan oleh berbagai pihak terutama lingkungan kampus.
Beberapa mahasiswa terbukti mempunyai tingkat kedisiplinan yang baik, itu berarti factor utama dalam pelaksanaan disiplin adalah adanya kesadaran, bukan hanya sebuah aturan. Tinggal bagaimana pihak sekolah selaku pembimbing dan pelaksana pendidikan di kampus, mensiasati permasalahan ini.








BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Penegakan disiplin di kampus tidak hanya berkaitan dengan masalah seputar kehadiran atau tidak, terlambat atau tidak. Hal itu lebih mengacu pada pembentukan sebuah lingkungan yang di dalamnya ada aturan bersama yang dihormati, dan siapapun yang melanggar mesti berani mempertanggungjawabkan perbuatannya.
Setiap pelanggaran atas kepentingan umum di dalam kampus mesti diganjar dengan hukuman yang mendidik sehingga mahasiswa mampu memahami bahwa nilai disiplin itu bukanlah bernilai demi disiplinnya itu sendiri, melainkan demi tujuan lain yang lebih luas, yaitu demi stabilitas dan kedamaian hidup bersama.

5.2 Saran
Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan mahasiswa, ada beberapa upaya yang mungkin bisa dilakukan diantaranya:
1.       Untuk menumbuhkan konsep diri mahasiswa sehingga mahasiswa dapat berperilaku disiplin, dosen  disarankan untuk bersikap empatik, menerima, hangat dan terbuka;
2.       Dosen  terampil berkomunikasi yang efektif sehingga mampu menerima
       perasaan dan mendorong kepatuhan mahasiswa;
3.       Dosen disarankan dapat menunjukkan secara tepat perilaku yang salah, sehingga membantu mahasiswa dalam mengatasinya; dan memanfaatkan akibat-akibat logis dan alami dari perilaku yang salah;

"Sekolah tanpa kedisiplinan adalah seperti kincir tanpa air."







DAFTAR PUSTAKA

- http://id.wikipedia.org/wiki/Disiplin
- http://tarmizi.wordpress.com/2008/12/12/kedisiplinan-siswa-di-sekolah


»»  readmore...